CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Multi-styled Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 17 November 2013

Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Kesehatan Gigi dan Mulut | Gigi pada bayi bisa dengan sangat mudah rusak serta busuk atau biasa disebut gigi berlubang. Oleh karena itu, orang tua harus lebih merawat gigi bayi dengan menjaga kesehatan gigi bayi guna menghindari masalah kesehatan, khususnya gigi berlubang. Rongga adalah salah satu yang paling umum penyakit kronis yang dialami oleh anak-anak usia 6 sampai 11 tahun dan remaja berusia 12 sampai 19 tahun.

pendidikan kesehatan gigi dan mulut pada anak

Berikut lima tips untuk mencegah gigi berlubang pada balita :

1. Pergi ke dokter gigi sejak usia dini
Sejak usia 1 tahun, Anda bisa mengenalkan meraka pada dokter gigi. Pencegahan dini dapat membuat anak terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius.

2. Merawat kesehatan mulut
Anda bisa menyiapkan sikat gigi dan gusi anak Anda dengan lembut, menggunakan air pada sikat gigi bayi yang lembut, atau hanya membersihkan gigi anak dengan kain yang lembut.

3. Jangan biarkan anak terbiasa tidur sambil menghisap botol
Dokter anak dan gigi telah memperingatkan para orang tua untuk tidak membiasakan bayi atau anak yang lebih tua untuk tidur siang dengan sebotol jus atau susu formula dalam mulut mereka. Cairan manis dalam botol dapat menempel ke gigi bayi dan juga menyediakan makanan bagi bakteri yang hidup di mulut. Bakteri menghasilkan asam yang dapat memicu gigi berlubang.

4. Pengobatan dengan berbagai rasa
Banyak obat-obatan untuk anak-anak yang diberikan berbagai Flavors. Jika menempel pada gigi, risiko kerusakan gigi akan naik. Antibiotik dan beberapa jenis obat asma juga dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih dari kandida (ragi), yang dapat menyebabkan infeksi jamur yang disebut oral thrush. Oleh karena itu, setelah minum obat, berikan segelas air untuk berkumur bagi anak. Metode ini menghindari plak terbentuk di gigi.

5. Ganti botol dengan cangkir
Ini akan membuat anak-anak terbiasa untuk selalu minum menggunakan cangkir atau gelas, dan bukan botol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar